Waspada! Risiko Diabetes Meningkat di Bulan Puasa – Sebagai umat muslim tentunya sebentar lagi akan menjalankan ibadah puasa. Melakukan puasa sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Selain berfungsi menahan hawa nafsu dan menentramkan jiwa berpuasa juga sangat baik untuk sistem pencernaan dan metabolisme tubuh. Sistem pencernaan yang selama ini ‘bekerja keras’ mengolah makanan yang masuk ke dalam tubuh akan beristirahat selama beberapa jam dan hal ini membawa dampak positif pada tubuh.

Namun, saat berpuasa juga dapat meningkatkan risiko diabetes. Mengapa demikian? Banyak orang yang menerapkan pola hidup tidak sehat selama berpuasa. Lonjakan gula darah yang tinggi akibat kesalahan pada saat buka puasa dapat memicu diabetes. Oleh karena itu, para peneliti sangat menyarankan agar dapat mengontrol menu saat berbuka puasa, lakukan secara perlahan dengan mengkonsumsi makanan dan minuman ringan seperti air putih.

Budaya orang Indonesia biasanya langsung memakan makanan manis lalu dilanjutkan dengan makanan berat seperti nasi serta lauk pauknya. Ini adalah kesalahan fatal. Memang benar disunahkan untuk berbuka dengan yang manis tapi jangan terlalu berlebihan. Suatu penelitian di Inggris menyarankan agar mendahulukan berbuka dengan air mineral dan buah-buahan karena mengandung gula alami dan mudah dicerna oleh tubuh sehingga tidak akan memicu munculnya penyakit diabetes.

Jarak antara saat berbuka puasa dan makan makanan berat sebaiknya sekitar 30 – 45 menit. Hal ini bertujuan agar sistem pencernaan dapat bekerja dengan baik dan maksimal. Porsi dan kombinasi lauk pauk saat makan juga harus dikontrol dengan baik jangan sampai berlebihan dan kekenyangan. Porsi makan malam yang baik adalah dengan mengkonsumsi 5 sendok makan nasi putih dan 2 sendok makan sayur bayam, ini akan lebih baik dibandingkan dengan porsi yang sama namun ditambahkan dengan lauk pauk lainnya.

Karbohidrat yang terdapat pada nasi cukup tinggi maka seimbangkanlah dengan mengkonsumsi sayuran. Makan yang baik adalah makan yang cukup dan tidak terlalu kekenyangan. Beberapa tips menjaga kesehatan agar terhindar dari diabetes, antara lain :

1. Jaga Kondisi Badan Agar Selalu Fit

2. Cukup Makan dan Minum Air Putih

3. Konsumsi Makanan Berserat Tinggi

4. Konsumsi Makanan Berprotein

5. Lakukan Kegiatan Olah raga Secara Rutin

6. Konsumsi Obat Herbal “Ultra Noni”

“Ultra Noni” merupakan produk herbal yang berkhasiat untuk menyembuhkan dan mencegah diabetes. Produk ini aman di konsumsi karena terbuat dari bahan-bahan alami dan telah terdaftar di BPOM. “Ultra Noni” telah teruji dan terbukti mampu membantu mengontrol kadar gula darah secara alami. Ultra Noni mampu meningkatkan kesehatan tubuh pada penderita diabetes serta menghilangkan gejala diabetes seperti : rasa lelah, pusing, sakit di badan dan gejala lainnya.

Untuk info lebih lanjut mengenai “Ultra Noni” klik website www.obatdiabetes.co.id

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s